Sunday 2 December 2018

Cara mengatasi lag saat bermain PUBG dan Mobile Legend NO ROOT !!!

Halo sobat, kali ini saya akan berbagi tips dan trik bagaimana cara mengatasi lag saat bermain mobile legend dan PUBG mobile. Tips dan trik ini work 100%. Jadi sangat beruntung sekali bagi kamu yang memiliki handphone android dengan ram 1 gb - 2 gb dapat memainkan kedua game yang sangat populer ini. Pada kesempatan kali ini, mimin akan menjelaskan tutorial lengkap dan tweak untuk meningkatkan peforma saat bermain PUBG dan Mobile Legend. Kita juga akan bahas tuntas sampai akar penyebab penyebabnya. Bagaimana bisa?


Q : Ahhh boong lu min, namanya hp jelek ya jelek juga kalo dipakai
A : Sadar diri aja, selagi kamu merasa game yang akan dimaikan itu kuat, silahkan coba :). Kalo handphonenya abal - abal ya jangan harap :0

Apa yang menyebabkan lag pada saat bermain PUGB mobile dan Mobile Legend ?

Jadi mimin bakal jelasin sedetail mungkin buat kalian semua, apa sih yang menyebabkan lag saat kalian bermain PUBG dan Mobile Legend. Banyak faktor yang menyebabkan lag pada saat bermain PUBG. Sebelum kalian memulai tweaknya, harap baca hal - hal dibawah ini dengan baik baik!!!

Graphic yang kurang mendukung

Game di android sudah memiliki versi game tersendiri dan developer game selalu mengupdate versi game tersebut salah satunya dari segi graphic. Berdasarkan pengalaman saya sendiri saat bermain dengan handphone xiaomi Mi4i tahun 2015, game tahun 2017 hampir tidak bisa dijalankan di hp ini. Apa penyebabnya ? ternyata resolusi yang dituntut game tersebut haruslah tinggi sehingga game tersebut memaksa android untuk menjalankan aplikasinya. Resolusi yang tinggi itu memaksa GPU bekerja lebih keras bahkan menyiksa. Akhirnya, game pun crash jika GPU tidak bisa memenuhi tuntutan game tersebut

Selain resolusi, PUBG dan Mobile Legend juga menuntut kualitas dari graphic itu tersendiri. Semakin hari developer dari game tersebut selalu mengupdate gamenya demi kenyamanan bermain, tetapi sangatlah tidak nyaman bagi kalian yang memiliki handphone yang kurang mendukung dalam hal gaming. Kualitas itu biasanya terdiri dari HD graphic, high fps, enable partikel dan lain - lain.

Solusi !!!

Dari penjelasan diatas, solusi yang kita akan ambil adalah memaksa game agar menjalankan dirinya dengan resolusi rendah dan mengurangi kualitas graphic itu sendiri. Caranya silahkan kalian klik link ini untuk mendownload aplikasi Gfx Tool di Play Store. Aplikasi ini sudah mimin cobain sendiri dan hasilnya sangatlah bagus karena dapat meningkatkan peforma android saat bermain PUBG dan Mobile Legend. 

Bagaimana Tweaknya ?



Mimin menggunakan Gfx Tool 4.7.3. Ingat prinsipnya adalah inilah settinganya adalah memaksa game agar menjalankan dirinya dengan resolusi rendah dan mengurangi kualitas graphic itu sendiri. Ini lah setinggannya


Ram yang tidak cukup untuk menampung aplikasi tersebut

Yap, ram menentukan seberapa banyak aplikasi yang dijalankan. Proses yang berjalan diandroid bukan hanya game saja saat dimainkan, tetapi ada proses background juga. Ada beberapa proses background yang tidak bisa dimatikan seperti Google Play Service atau semacamnya. Terlalu banyak aplikasi tidak penting yang berjalan secara background ternyata membuat ram di hp kita termakan dengan percuma, lebih baik memori di ram itu digunakan sepenuhnya untuk menjalankan game PUBG dan Mobile Legend secara maksimal. 

Singkatnya proses background aktif secara otomatis pada aplikasi tertentu saat kita mengaktifkannya secara manual. Contohnya saat kita mengklik aplikasi whatsapp saat baru terinstall dari play store, kita secara tak langsung mengaktifkan proses backgroundnya. 

Solusi !!!

Prinsipnya, kita harus mematikan proses background yang tidak penting. Bagaimana caranya ? Kalian dapat melakukannya secara manual. Masuk ke Setting > Aplikasi. Aplikasi yang menurut kalian tidak penting silahkan di Force Stop. Saran mimin jangan meng force stop aplikasi inti google (google play service, playstore) karena aplikasi google dapat mengaktifkan dirinya sendiri, jadi percuma saja kalo di force stop. 

Jangan lupa recent openned apps harus dibersihkan

Prosessor yang panas

Inilah yang bikin kesel, dan kadang bikin tangan keringetan. Pengalaman mimin, hp Xiaomi Mi4i sangat panas karena menggunakan Snapdragon 615. Mimin sarankan jangan menggunakan device dengan prosessor ini. Oh ya, setau mimin snapdragon 625 sudah tidak panas seperti 615. Panas pada prosessor artinya kerja hp sangat berat.

Solusi !!!

Kalian bisa bermain PUBG dan Mobile Legend sambil mendinginkan hp kalian di depan kipas :) Ini juga mimin lakukan kok.

Penyimpanan Disk Android yang penuh

Umumnya, setiap aplikasi memiliki kriteria minimal disk space. PUBG dan Mobile Legend adalah game yang cukup berat sehingga membutuhkan diskspace yang besar juga. Maka dari itu kita perlu memperhatikan penyimpanan internal android kita jangan sampai lebih dari 50%

Solusi !!!

1. Matikan auto update di setingan playstore
2. Hapus instalasi pembaharuan di Setting > Aplikasi untuk aplikasi bawaan yang tidak bisa di uninstall tuntas
3. Hapus aplikasi yang tidak penting
4. Hapus file file joroknya yang 10 mb-an tapi banyak -_-
5. Gunakan clean master versi lama (saran mimin) atau ccleaner

Jangan Ganti dan Update ROM Android, Minimal Lolipop dan itu sudah cukup !!!

Biasanya developer selalu menawarkan update terbaru seperti peningkatan versi android demi fitur fitur yang dapat menyenangkan para pengguna, tapi pada akhirnya hp kalian akan menjadi lemot. 

Solusi !!!

Jika kalian sudah terlanjur menginstal update dan kalian berniat mengdowngrade hp kalian, kalian bisa , mencari tutorial downgrade untuk tiap tiap hp digoogle

Tweak khusus Xiaomi !!!

Beberapa handphone xiaomi memiliki fitur Peforma di menu setting atau biasanya di menu bar. Jangan lupa untuk menyeting pengoptimalan memori di menu developer option (opsi pengembang) set menjadi High (tinggi) dan matikan optimasisasi miui

Cara mengaktifkan developer option di MIUI 7 adalah
1. Masuk menu Setting
2. Klik About Phone
3. Klik Miui Version (Versi Miui) sebanyak 7x
4. Balik lagi ke Menu Setting
5. Klik Additional Setting (Setelan Tambahan)
6. Cari Developer Option (Opsi Pengembang)

No comments:

Post a Comment