Friday 1 September 2017

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar

Halo guys, ini adalah post pertama gua. Kali ini gua akan membagikan sedikit pegetahuan gua mengenai cara membuat surat lamaran pekerjaan.

Sebelum kita membuatnya, kita harus tau apa sih itu surat lamaran pekerjaan ?

Surat Lamaran Pekerjaan ?


Surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang memerlukan pekerjaan kepada seseorang atau pejabat yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan.

Jenis - jenis surat lamaran pekerjaan

  1. Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae). Dalam cara ini riwayat hidup juga termasuk isi surat karena isinya berupa gabungan. Cara ini disebut model gabungan.
  2. Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam riwayat hidup merupakan lampiran dan cara ini disebut model terpisah

Sumber - sumber lamaran pekerjaan

  1. Sumber lowongan pekerjaan tanpa sumber tertentu.
  2. Sumber lowongan pekerjaan dari media tertentu.
  3. Sumber lowongan pekerjaan dari pihak tertentu.

Unsur penting surat lamaran pekerjaan

  1. Mempunyai bentuk menarik
  2. Mempunyai bahasa yang menarik
  3. Menggambarkan kemampuan pelamar
  4. Tepat pada sasaran

Hal yang harus dicantumkan agar tercapainya tujuan

  1. Menyebutkan sumber lamaran
  2. Identifikasi diri lengkap dari pelamar yaitu nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, no Hp / telp. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan surat lamaran

  1. Ditulis tangan diatas folio, harus jelas, bersih, tidak ada coretan atau dibuat dengan mesin tik atau komputer
  2. Pelamar menyebutkan dirinya bukan dengan kata ganti kami melainkan saya.

Identifikasi surat lamaran pekerjaan

  1. Alinea pertama, berisi tentang bagaimana orang tersebut mendapatkan info pekerjaan. Bisa melalui media cetak, teman kantor, dan lain - lain.
  2. Alinea kedua, berisi keterampilan pelamar yang disampaikan atau hal - hal yang berkaitan dengan diri kita
  3. Alinea ketiga, berisi perasaan pelamar ketika diterima dan diwawancarai di sebuah instansi tersebut dan pekerjaan yang dimaksud.

Sistematika surat lamaran pekerjaan

  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat, ditulis di pojok kanan atas
  2. Hal / perihal
  3. Lampiran
  4. Alamat yang dituju
  5. Salam pembuka
  6. Alinea pembuka. Ini adalah identifikasi surat yang pertama
  7. Isi surat
  8. Salam penutup
  9. Nama terang dan tanda tangan

Bahasa

Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang baik dan benar, memperhatkan diksi dan EYD serta menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan simpatik. Tujuan penggunaan bahasa yang baik agar menarik simpati instansi tersebut.


Lampiran

  • Fotokopi identitas diri --> KTP
  • Fotokopi surat kelakuan baik --> didapatkan dari kepolisian
  • Fotokopi daftar riwayat hidup
  • Pas Foto 3 x 4 atau diatasnya
  • Surat keterangan pencari pekerjaan

Dengan materi diatas, kalian sudah dapat membuat surat lamaran pekerjaan. Yang terpenting dalam pembuatannya, kita bisa menunjuka kemampuan kita melalui cara membuat surat tersebut.