Saturday 2 September 2017

Rangkaian Listrik dan Elektronika

Sebelum kita mengetahui lebih dalam mengenai rangkaian listrik, apa sih itu rangkaian listrik ? Rangkaian listrik adalah sambungan dari bermacam - macam elemen pasif seperti sumber tegangan, kapasitor dan lainnya.

Apa yang dimaksud Rangkaian Listrik ?

Gimana sih maksudnya ? Contoh ketika kamu menyambungkan lampu dengan baterai melalui dua buah kabel. Apa hasilnya ? Lampu tersebut akan menyala ? Belum tentu, mengapa ? Memang kamu sudah membuat rangkaian listrik tetapi jika lampu tersebut menyala, lampu itu terdapat pada rangkaian listrik tertutup. Bagaimana jika lampu tidak menyala, berarti lampu tersebut ada pada rangkaian listrik terbuka. Apa sih pengertian rangkaian listrik terbuka dan rangkaian listrik tertutup ?

Jadi, rangkaian listrik itu dibagi menjadi dua jenis yaitu rangkaian listrik tertutup dan rangkaian listrik terbuka

Rangkaian listrik tertutup adalah suatu rangkaian listrik yang sudah terhubung dengan sumber tegangan. Nah kembali lagi pada lampu tadi, jika lampu tersebut menyala berarti lampu tersebut tersambung dengan sumber tegangan melalui kabel yang tidak putus.

Rangkaian listrik terbuka adalah suatu rangkaian listrik suatu rangkaian listrik yang tidak terhubung dengan sumber tegangan. Nah kalau pada lampu tadi disambungkan melalui kabel yang putus, alhasil lampu tidak menyala

Rangkaian listrik tersebut dipakai dalam dunia elektronik yaitu elektronika. Elektronika juga dibagi menjadi dua jenis yaitu listrik dinamis dan listrik statis.

Apa yang dimaksud Elektronika ? Listrik dinamis ? Listrik Statis ?

Waduh kak min itu apa lagi ? Hehehehe. Gampangnya saya kasih contoh aja

Listrik dinamis bisa kita temui dalam kehidupan kita sehari hari. Bisa di on/off. Contohnya itu handphone dan laptop
Listrik statis bisa kita dapatkan melalui penggaris yang digosok secara satu arah ke kain kemudian diarahkan kerambut, alhasil rambut tersebut akan tertarik.

Untuk penjelasan mengenai rangkaian listrik sudah selesai. Mudah ya... Eitssss masih banyak lagi materinya karena kita akan mengenal jenis rangkaian listrik yaitu rangkaian seri dan rangkaian paralel.

Thank you for visiting my blog. I wish you would be the smart people. We will update the posts so stay tune :)

No comments:

Post a Comment